Test Footer 2

Selasa, 30 Oktober 2012

Premanisme Berkedok LSM

Asal Nyablak - LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT ( LSM ) TENGAH MENJADI TREND. TERBUKTI DENGAN BANYAK BERMUNCULANNYA PERKUMPULAN-PERKUMPULAN YANG MENGATASNAMAKAN LSM.
Hanya sedikit meluruskan - Fungsi dan tujuan LSM adalah memberi pelayanan kepada masyarakat dengan sukarela baik oleh perorangan maupun kelompok. Tergantung tujuan dari pembentukan LSM tersebut. Seperti : LSM yang bertujuan sebagai mitra pemerintah, LSM yang bertujuan dalam hal sosial kemanusiaan, LSM yang bertujuan membantu masyarakat dalam hal hukum, dan lain-lain.

Dasar Hukum pendirian LSM diatur dalam Kitab Undang - undang Hukum Perdata ( KUHP ) Pasal 1663 - 1664, serta UU No. 8 Tahun 1985 Tentang Organisasi Kemasyarakatan ( UU ORMAS ).
Sementara Badan Hukumnya, yakni berdasarkan Staatsblad 1870 No. 64, serta UU No. 16 Tahun 2001tentang Yayasan sebagaimana telah diubah dalam UU No. 28 Tahun 2004 ( UU Yayasan ).

Dalam Kenyataannya - LSM yang tengah menjamur adalah LSM yang jauh dari hal tersebut diatas. Kemunculannya pun biasanya didaerah yang notabene "subur", seperti daerah industrial dan daerah yang perekonomiannya pesat. Kita dapat lihat hal yang sangat mudah ditemui, seperti bertebarannya tempat parkir motor liar yang memang dikelola oleh LSM jenis ini.
Contoh kasus yang sangat kontras terlihat pada pertengahan tahun 2012 di daerah Kabupaten Karawang telah terjadi bentrokan dua LSM yang disebabkan saling berebut wilayah dan jatah. Dan yang sangat disayangkan para anggota LSM tersebut hanya sebagai alat dari orang - orang yang berduit saja. Sungguh ironis, dalam hal ini bijaksananya pemerintah daerah harus lebih terliti dalam pemberian ijin berdirinya LSM yang mengarah kepada tindak kriminalisme.

Satu hal yang perlu kita garis bawahi adalah " Lembaga Swadaya Masyarakat dibentuk untuk membantu dan memberi pelayanan kepada masyarakat tanpa pamrih apapun "

1 komentar:

terima kasih atas semua informasi ya diberikan, dan inilah informasi untuk obat insomnia khusus bagi anda yang sedang mencari obat sinusitis juga obat insomnia yang alami aman ketika dikonsumsi.

Posting Komentar